Musik Blues lahir dari etnis
Afrika Amerika di semenanjung delta Mississipi di akhir abad 19, sekitar tahun 1890
( ada juga yang menyebutnya sekitar tahun 1895 ). Blues lahir dari penderitaan
kehidupan para budak Afrika - Amerika, pekerja buruh tani di Amerika. Pada saat
istirahat sore hari mereka melantunkan lagu-lagu sedih ( blues ) atas kondisi
mereka, dengan lirik-lirik lagu yang menggambarkan penderitaan sebagai budak yang tertindas.
Pada awalnya blues dinyanyikan tanpa menggunakan alat musik, kemudian
menggunakan alat petik gitar sebagai iringan lagu.
W.C Handy, saat muda |
Blues berkembang dari pertunjukan
informal menuju ke gedung pertunjukan formal ( teater ) dan nightclub, seperti Cotton club,
jug joint
dan bar-bar sepanjang Beale Street
( jalan Beale ), Memphis.
Perusahaan rekaman mulai merekam musik
blues saat itu, seperti American Records Corporation, Paramount Recods
dan Oke
Recods. Semakin tumbuhnya pabrik rekaman, blues semakin dikenal dan
melahirkan banyak artis blues seperti Bo Carter,
Blind Lemon Jefferson, Lonnie
Johnson, Tampa Red
dan Blind Blake.
Lembar
musik blues ( partitur ) yang dipublikasikan pertama kali adalah karya Hart Wand
“ Dallas Blues ” di tahun 1912, WC Handy
“ The Memphis Blues “ pada tahun yang sama.
Rekaman pertama kali dilakukan oleh penyanyi Afrika Amerika, lagu “ Mamie Smith “ tahun 1920 merupakan rendition(
daur ulang ) dari karya Perry Bradford “
Crazy Blues “.
Dokumentasi sejarah musik blues
sangat minim, dikarenakan terjadinya rasialis dan diskriminasi di masarakat
Amerika waktu itu, termasuk dilingkaran para akademisi, serta tingkat melek
hurup kaum kulit hitam yang sangat rendah masa itu. Penulisan dokumentasi musik
blues baru dimulai di Southern Texas dan Deep South
sekitar awal abad 20 an
Charles Peabody menyebutkan,
penampilan musik blues di Clarksdale, Mississipi di southern Texas
sekitar tahun 1901-1902, hal itu diperkuat oleh laporan dari Gate Thomas ( ke
duanya menyatakan mendengar lagu yang sama ditampilkan pada event tersebut ).
Observasi sejarah blues juga didapatkan dan mempertimbangkan dari informasi
pihak pihak lainnya, seperti yang dikatakan oleh Jelly Roll Morton yang menyatakan bahwa dia
mendengar lagu blues pertama kalinya dimainkan di New
Orleans tahun 1902, Ma Rainey mendengar blues pertama
kalinya di Missouri, WC Handy mendengar di Tutwiler, Mississipi di tahun 1903.
Howard W. Odum |
Buruh tani AS masa dulu ( Field Holler ) |
Ring Shout, bernyanyi bergerak melingkar |
Tahun 1900 an, gaya
pertunjukan blues yang biasa bermain secara group sudah mulai menuju ke
penampilan individu. Walaupun saat ini
pemain blues individu juga mempunyai band pengiring, tapi fokus pertunjukan
sebenarnya ada pada pemain individu tersebut, biasanya memainkan alat musik
gitar atau sebagai penyanyi. Gitar sangat dominan dalam permainan musik blues,
disamping harmonika.
- Delta blues, gaya permainan blues berasal dari daerah Mississipi dan berkembang ke Tennesse, Vickburg dan ke Yazoo River. Alat musik yang dominan biasa digunakan, gitar, harmonika, Cigar Box Guitar. Salah satu pencetus delta blues adalah Charlie Patton. Musisi lainnya antara lain Robert Lockwood jr, Robert Johnson.
- Piedmont blues, disebut juga East Coast Blues populer di tahun 1920 an. gaya permainan Finger Style, permainan dengan cara Finger Picking, menggunakan sinkopasi melodi, treble string yang biasa menggunakan petikan 4 jari. Musisi blues style ini antara lain, John Jackson
- Jump blues, biasa dimainkan dalam kelompok kecil. Populer di tahun 1940 an. Dimainkan dalam Up Tempo ( tempo cepat ), biasanya menggunakan alat musik tiup sebagai alat musik tambahan, alat musik tiup jenis HORN.
- Chicago blues, gaya permainan blues yang berkembang di Chicago, Illinois. Menggunakan alat musik akustik gitar, harmonika. Chicago blues lahir dari unsur Delta Blues. Musisi style Chicago blues antara lain, Willie Dixons, Muddy Water, KokoTaylor.
John Jackson, piedmont blues |
Willie Dixons, Chicago blues |
Asal kata istilah Blues.
George Colman |
Hart Wand, Dallas blues |
Bentuk birama blues.
Selama dekade pertama abad 20 an,
musik blues tidak secara jelas didefinisikan dalam bentuk akord. Penggunaan
permainan musik blues dalam 12 bar di gunakan oleh Bessie smith, dan digunakan pada
seluruh industri musik selama tahun 1920 an dan 1930 an. Bentuk akord lainnya,
seperti bentuk kord 8 bar, masih sering di gunakan dalam permainan musik blues.
Seperti “ How long blues “, Trouble in Mind “ dan yang dimainkan Big Bill Broonzy dalam “ Key to the Highway ”. Ada juga blues
yang dimainkan dalam 16 bar, seperti yang di mainkan secara instrumental oleh Ray Charles
“ Sweet 16 bar “ dan Harbie Hancock dalam “
Watermelon Man “. Nomor permainan blues dalam birama yang aneh juga ada,
seperti permainan blues dalam 9 bar,
oleh Howlin
Wolf “ Sitting on Top of the
World “
Komposisi dasar 12 bar
merefleksikan sebuah perkembangan
standar harmoni progressif 12 bar dalam tempo 4/4. Ada
juga komposisi permainan blues yang di sebut Harmonic Seventh( interval 7
kord harmoni ), yang lebih popular
disebut “Blues Seven “.
Lirik lagu Blues.
Lirik lagu blues pada awalnya
merupakan versi tradisional blues yang terdiri satu baris yang diulang sampai 4
kali, itu hanya pada dekade awal abad 20 an. Merupakan standart umum lirik lagu
blues saat itu, standart pola itu sering dinamakan pola AAB, selalu dinyanyikan
dalam 4 baris bar pertama, dan akan
kembali berulang dinyanyikan lagi setelah empat bar kemudian, sebagai penutup
adalah baris pada bar atau birama terakhir.
Dua lagu pertama yang dipublikasikan, “ Dallas Blues “ tahun 1912 dan “ St. Louis Blues “ di tahun 1914, terdiri 12
bar dengan struktur AAB. WC Handy menuliskan gaya
birama lagu seperti itu untuk menghindari pengulangan 3 kali yang terasa
monoton. Baris lagu sering dinyanyikan dengan pola seperti gaya
bicara secara ritmik ( rhythmic talk ) dari pada dalam bentuk nada ( melody ). Lagu blues pada
awalnya sering diawali dengan narasi yang menggambarkan duka kesengsaraan kehidupan
kaum kulit hitam yang penuh dengan kehidupan keras dan kejam, seperti : kehilangan cinta,
kekejaman polisi, penindasan oleh orangkulit putih dan masa-masa sulit dikheidupan
mereka. Nada nada melankoli mempengaruhi masarakat Igbo
dalam melantunkan lagu lagu blues, serta karakter musik blues mereka. Penggambaran
penderitaan kaum Igbo ( suku kulit hitam yang berasal dari daerah Nigeria
) saat dipekerjakan sebagai budak di perkebunan
Amerika.
Lirik lagu blues sering ditulis
berhubungan dengan masalah-masalah yang tidak mengenakan diantara kehidupan
masarakat kulit hitam Amerika. Misal, lagunya Blind Lemon Jefferson berjudul “ Rising High Water Blues “ tahun 1927 yang bercerita
tentang penderitaan kaum negro atas banjir besar ( backwater rising ) yang luar biasa dari sungai
Mississipi di tahun 1927.
“ Backwater rising, southern people
can’t make no time
I said, Backwater rising, southern
people can’t make no time
And I can.t get no hearing from
that Memphis girl of mine “
Walau ciri lirik lagu blues yang
selalu bercerita tentang kesengsaraan dan penindasan, ada juga lirik lagu blues
yang bersifat humor dan vulgar. Seperti lirik lagu “Rebecca” dari Big Joe Turne
dibawa ini.
“
Rebecca, Rebcca , get your big legs off of me
Rebecca,
Rebcca , get your big legs off of me
It may
be sending you baby, but it’s worrying the hell out me “
Paska perang, lirik-lirik lagu
blues cenderung lebih sederhana dan lebih fokus menceritakan tentang
kekawatiran hubungan sex dan penderitaan. Disamping tema tersebut, tema lirik
yang banyak ditulis adalah permasalahan yang sering muncul paska perang,
seperti tentang pertanian, ekonomi, perjudian, setan, sihir, banjir dan tema
tema umum lainnya yang terjadi paska perang tersebut
Lirik
lagu blues ada yang berbau religi, tentu saja lebih banyak dalam ajaran agama
kristen. Pengarang Ed Morales meng klaim bahwa pengaruh mitologi kaum Yoruba
juga mempengaruhi nafas musik blues pada awal musik tersebut mulai dikenalkan.
Hal tersebut dapat dilihat pada lirik lagu “ Cross Road Blues “ dari Robert Johnson.
Tapi pengaruh Kristen jauh lebih jelas.
Artis blues seperti Charley Patton atau Skip James mempunyai beberapa
lagu blues yang liriknya berbau religi. Penulis lagu blues lain yang liriknya
cenderung religius atau berbau spiritual adalah Gary Davis ( seorang pendeta ), Blind Willie
Johnson.
Isu
tentang perang Vietnam
dan rasisme juga disuarakan dalam lirik lagu blues. Lagu Blues juga menyuarakan
tentang hak asasi manusia, kebebasan berpendapat dan berbicara, oleh para artis
blues Amerika. Rekaman lagu blues dengan lirik-lirik isu tentang perang Vietnam
dan rasisme awalnya hanya diedarkan di wilayah Eropah.
Perkembangan Blues.
John Mayall, perfomace th. 2004. |
John Mayall & the Bluesbreaker. |
Ditahun
1950 muncul jenis blues yang sangat nge-blues ( bluesy ) Tulsa sound,
penggabungan rock n roll dan jazz serta pengaruh Negara dimana musik itu
dimainkan. Gaya musik tertentu
mulai dipopulerkan antara tahun 1970-an oleh JJ Cale, dan versi cover
version-nya oleh Eric Clapton “ After Midnight “ dan “Cocaine”
Di awal
tahun 1970 an, gaya Texas rock blues
muncul, yang menggunakan gitar secara solo maupun bersama. Sangat kontras
dengan gaya blues West side,
Texas rock blues sangat dipengaruhi oleh
pergerakan gaya rock blues di
Inggris. Artis-artis yang memainkan gaya Texas
rock blues antara lain, Johnny Winter,
Stevie Ray Vaughan, The
Fabulous Thunderbirds, dan ZZ Hill. Perjalanan bermusik para artis
tersebut di mulai tahun 1970 an, tapi mereka tidak mencapai keberhasilan secara
internasional sampai pada dekade berikutnya.
Dekade 1980 an penduduk Afrika-Amerika mulai memainkan
blues lagi, hal ini adalah era kebangkitan ketertarikan blues oleh rakyat
Afrika-Amerika kembali, setelah sekian lama untuk sementara musik blues tidur.
Kebangkitan musik blues terutama terjadi sekitar Jackson,
Missisippi dan bagian dalam daerah selatan. Hal itu diikuti dengan keberhasilan
rekaman oleh label Malaco, merekam blues berdasarkan gaya Jackson, gaya blues
tersebut sering juga disebut “ soul blues “ atau “ Southern soul ( gaya soul selatan )“. Hal itu telah
memberikan sebuah kehidupan baru bagi jantung gerakan blues di wilayah Jackson,
Missisippi dan daerah selatan bagian dalam. Dua rekaman yang berhasil tersebut adalah ZZ Hill
dengan “ Down Home Blues “ ( 1982 )
dan Milton
Littlel dengan “ The blues is
alright “ ( 1984 ). Artis artis blues Afrika-Amerika lainnya
yang membangkitkan lagi darah blues antara lain, Bobby Rush, Denise LaSalle, Sir Charles
jones, Bettye La Vette, Marvin Sease dan Peggy
Scott-Adams.
Selama dekade tahun 1980 an
musik blues terus membaik, baik gaya
blues tradisional maupun bentuk bentuk blues baru. Sebuah album “ Strong Persuader
“ oleh Robert
Cray, karena albumnya tersebut, membuat Robert Cray menjadi artis
blues utama. Tahun 1983 Stevie Ray
Vaughan merilis “ Texas Flood “, dengan dasar permainan gitar Texas,
dan meledak di dunia musik internasional. Tahun 1989 kebangkitan bagi John Lee Hooker
dengan albumnya “ The Healer “. Eric Clapton yang dikenal penampilannya
bersama The Blues Breaker dan Cream, di tahun 1990 kembali di kancah musik
blues dengan album Unplugged nya. Ia memainkan beberapa blues
standart dengan gitar akustik.
Walau ditahun 1990 telah
banyak studio rekaman menggunakan sistim digital multi track, serta kemajuan technologi
lainnya dalam dunia rekaman, serta dengan adanya video klip dari musik yang
dipasarkan, tetapi musik blues adalah gaya permainan musik spontanitas dan
improvisasi, yang merupakan komponen penting dalam permainan blues. Musik blues
tidak bisa dikatagorikan seperti musik pop yang bisa diakali dengan tehnik
rekaman digital yang canggih. Kemampuan permainan blues yang spontan dan
improvisasi merupakan ciri dan nafas dari musik blues. Makanya kalau kita
mendengarkan permainan musik blues yang dimainkan oleh musisi Afrika-Amerika (
hitam ) dengan para musisi bule, akan sangat sekali berbeda. Nafas musik blues
adalah nafas kehidupan orang kulit hitam dengan segala cerita lamanya. Sedang gaya
permainan blues orang kulit putih, kalau kita dengar cenderung tidak nge-blues,
tapi nge-pop. Dengarkan rekaman Eric Clapton, walau dia menyanyi dengan gaya
nada blues, tapi tetap terasa pop ( kalau tidak boleh dikatakan yang cenderung
cengeng ). Sebab dia tidak mungkin menjiwai musik blues layaknya orang hitam (
Negro ) menjiwai musik blues. Bagi orang hitam, blues adalah sejarah hidup
mereka, dari sejarah hidup orang negro yang pahit musik blues lahir dengan
segala penjiwaannya.
Tahun 1980 an dan 1990 an,
merupakan ramai-ramainya publikasi musik blues, seperti album Living Blues dan Blues
Revue, didistribusikan ke-kota kota besar, masyarakat mulai
membentuk komunitas blues, pertunjukan musik blues mulai banyak dilakukan di
luar gedung ( out door blues festival ),
disajikan pada masyarakat umum. Club-club malam blues mulai bermunculan dikota kota
besar.
Di tahun 1990 an, exsplorasi berbagai genre
musik blues terus berkembang. Perkembangan dilakukan para musisi blues, hal itu
bisa dilihat perkembangannya, seperti yang terjadi pada nominasi musik blues
tahunan ( yearly Blues Music Awards ), yang
semula bernama WC Handy Awards, atau pada
acara Grammy Awards for Best Contemporary dan
Traditional Blues Album.
Blues
Bilboard chart Album selalu memonitor perkembangan blues dan memberikan
gambaran atas produksi musik blues saat itu. Blues kontemporer di rilis oleh
label label produk musik blues seperti, Alligator Record, Ruf Record, Chess Record (MCA), Delmark
Record, Northem Blues Record dan Vanguard Records ( Artemis Records ).
Beberapa label rekaman
menjadi terkenal karena mereka menemukan kembali master dari rekaman musik
blues lama – langkah, merekam dan merilisnya kembali seperti, Arhoolie Records, Smithsonian Folkways Recording ( pewaris
dari Folkways Recods ) dan Yazoo Records ( Shanachie Records )
Sebelum perang dunia ke 2
batas antara musik blues dan jazz kurang jelas. Saat itu umumnya jazz memiliki struktur
harmoni dari bentuk Brass band ( band yang banyak menggunakan instrument musik
tiup ), sedang blues memiliki bentuk 12 bar. Namun di tahun 1940 an terjadi
genre campuran dari bentuk keduanya.
Sesudah perang duania ke 2, secara subtansi blues mempengaruhi bentuk musik jazz. Musik Bebop klasik, seperti karya Charlie Parker “ Now’s the Time “, menggunakan bentuk blues dengan skala pentatonic dan notasi blues. Bebop menandai perubahan besar dalam peranan jazz, dari gaya musik pop untuk menari ke arah seni musik tinggi ( high Art ).
Sesudah perang duania ke 2, secara subtansi blues mempengaruhi bentuk musik jazz. Musik Bebop klasik, seperti karya Charlie Parker “ Now’s the Time “, menggunakan bentuk blues dengan skala pentatonic dan notasi blues. Bebop menandai perubahan besar dalam peranan jazz, dari gaya musik pop untuk menari ke arah seni musik tinggi ( high Art ).
Audins ( penonton ) musik
blues dan jazz, dan perbatasan antara musik blues dan jazz menjadi lebih
kelihatan pasti. Musisi yang bermain diantara perbatasan musik jazz dan blues
dikatagorikan sebagai bentuk musik jazz blues,
merupakan sub genre musik blues dan jazz..
Louis Armstrong |
Skala musik blues sering
dipakai dalam lagu-lagu pop seperti Harold Arlen dalam “ Blues night “, gaya blues ballads
seperti “ Since I fell for you “ dan “ Please Send Me Someone to Love “, dan
bahkan dalam bentuk karya musik orkestra seperti George Gershwin dalam “ Rhapsody in Blue “ dan “ Concerto in F
“. Karya kedua Gershwin berjudul “ Prelude “ untuk piano solo adalah contoh yang
menarik dari jenis blues klasik, yang mempertahankan bentuk musik dengan
akademik secara ketat.
Skala musik blues menebar
dimana-mana kedalam musik pop modern dan menginformasikan banyak modal frame,
terutama pada susunan notasi tangga ke tiga ( Ladder of thirds ) yang digunakan
dalam musik rock ( misal dalam “ a Hard day’s night “ )
Musik blues juga banyak
digunakan dalam musik tema dan lagu tema film televise, seperti Batman, hit
dari teen idol Fabian “ Turn Me Loose “, bintang musik country Jimmie Rodgers,
gitaris-vokalis Tracy
Chapman dalam hitnya “ Give Me One Reason “.
Isaac Watt, seorang pendeta, penulis. |
Musisi country blues era awal
seperti, Skip
James, Charley Patton, Georgia Tom Dorsey memainkan
country dan urban blues, juga telah dipengaruhi bentuk nyanyian spiritual.
Dorsey mempopulerkan musik Gospel ( Gospel, nyanyian rohani yang biasa
dinyanyikan di Gereja, tapi saat ini banyak beredar rekaman musik Gospel di
masyarakat umum, misalnya untuk era abad 21 oleh penyanyi Josh Groban dengan “
My Confession “ ), yang berkembang di tahun 1930 an, bersama dengan Golden Gate
Quartet.
Bentuk musik soul ditahun
1950 an yang dimainkan oleh Sam Cooke,
Ray Charles dan James
Brown, banayka dipengaruhi unsur elemen musik blues dan gospel.
Tahun 1960 an dan 1970 an gospel dan blues disatukan dalam bentuk musik Soul Blues.
Lahirnya musik Funk di tahun 1970 an dipengaruhi oleh musik soul. Musik Funk bisa
dikatakan sebagai cikal bakal lahirnya musik hip-hop dan R & B kontemporer
Struktur blues 12 bar dan
skala blues sangat mempengaruhi musik rock and roll. Musik rock and roll
disebut juga blues dengan backbeat
; Carl Perkins menyebut rockabilly “ blues
dengan beat country “. Rockabilly juga dinamakan blues 12 bar,
dimainkan dengan beat bluegrass.
Lagu “ Hound dog “, dengan
struktur 12 bar tanpa dimodifikasi ( baik harmoni maupun liriknya ), pusat
melodi pada tonik ketiga datar ( dan pada subdominan datar ke tujuh ), adalah
sebuah lagu blues yang berubah menjadi lagu rock and roll.
Gaya
rock n roll Jerry Lewis sangat dipengaruhi blues dan turunannya, boogie woogie.
Gaya musik Jerry Lewis sebenarnya
bukan rockabilly, tapi lebih sering disebut real rock and roll ( pada label ini
dia bekerja sama dengan beberapa pemusik rock n roll Afrika-Amerika ).
Diawal lahirnya musik
country, musik blues banyak memberikan andil lahirnya musik tersebut. Jimmie Rodger,
Moon Muliican, Bob
Wills, Bill Monroe
dan Hank Williams, mendiskripsikan diri mereka
sebagai penyanyi blues, dengan musik bernuansa blues, sangat berbeda dengan pop
contry, seperti yang dibawakan Eddy Arnold. Kebanyakan pada era 1970 an, musisi
country “ meminjam tanpa ijin“ ( lebih tepatnya mencontek atau plagiat ) dari
karya – karya blues, seperti Willie Nelson dan Waylon Jenning
Saat
Jerry Lee Lewis kembali pada musik country, setelah ia menolak gaya
rock n roll ditahun 1950 an, dia menyanyikan lagu country dengan nuansa blues (
feel blues ), dan dia sering menyertakan gaya
blues standart dalam album-albumnya. Lagu lagu country pada awalnya ditulis
berdasarkan struktur blues : “ That’s All Right Mama
“, “ Johnny B. Goode “, “ Blue Suede Shoes “, “ Whole Lotta Shankin’ Going On
“, “ Shake, Rattle and Roll “ dan “ Long Tall Sally “.
Pada awalnya, para musisi rock Afrikan Amerika mempertahankan tema sex dan sindiran terhadap blues, seperti : “ Got a gal named Sue knows just what to do “ lirik dalam lagu “Tutti Frutti” oleh Little Richard, atau “ She the girl with red dress on, She can do the Birdland all night long “ lirik dalam lagu “What I say” oleh Ray Charles.
Bob Dylan, Maret 1963, di Washington. |
Tahun
2003, Martin
Scorsese ( sutradara film Amerika ) mempromosikan musik blues ke
kalayak yang lebih luas. Ia meminta beberapa sutradara ternama seperti Clint Easwood
dan Wim
Wender untuk ikut berpartisipasi dalam serangkaian film dokumenter PBS ( Public Broadcasting Service ) yang
disebut The Blues. Ia juga merekam
ulang album kompilasi para seniman blues ternama dalam CD yang berkualitas
tinggi. Salah satu pengisi rekaman daur ulang itu, seorang gitaris blues juga
sorang vokalis blues Keb’ Mo’ dalam lagu “America the Beautiful “ ditahun 2006, untuk menutup sesi
akhir dari serial televisi berjudul The West Wing.
27-12-2010.
Ref. Wikipedia.
Makalah-artikel-online.blogspot.com
www.kaskus.us
Berjaya terus musik blues !!! mantap thread nya bos...mampir kesini ya kawan http://bluesbucker.blogspot.com/
BalasHapus